Interaksi manusia dan
komputer adalah disiplin ilmu yang
mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi
perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka
pengguna komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Ilmu ini
berusaha menemukan cara yang paling efisien untuk merancang pesan elektronik. Sedangkan interaksi manusia
dan komputer sendiri adalah serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang
dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling
memberikan masukan dan umpan balik melalui sebuah antarmuka untuk memperoleh
hasil akhir yang diharapkan.
Sekarang,
hampir semua pekerjaan manusia ada interaksi manusia dengan komputer. Mulai
dari pekerjaan yang sederhana, seperti menghitung, menulis, membaca sampai
pekerjaan yang membutuhkan skill lebih seperti, men-desain, membuat program
aplikasi, membuat robot dan sebagainya. Contoh dari interaksi manusia dengan
komputer dalam bidang keuangan yaitu diantaranya:
1.
Kasir
yang menghitung pembelanjaan pembeli menggunakan mesin kasir modern yang
sekarang sudah menggunakan “touch screen” sebagai alat input-nya.
2.
Teller
Bank yang menggunakan komputer untuk meng-update data nasabah seperti menabung,
menarik tunai, transfer, dan sebagainya.
3.
Akuntan
yang mengurusi keuangan perkantoran dengan menggunakan aplikasi komputer
seperti “Microsoft Excel”.
Contoh-contoh yang disebutkan diatas hanyalah sebagian
kecil dari IMK dalam bidang keuangan. Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa
disebutkan, tapi itu adalah tugas anda untuk menyebutkan sisanya dan juga dalam
bidang yang lainnya seperti dalam bidang kebudayaan, pendidikan, desain grafis,
arsitektural dan lain-lain.
Berikut ini adalah
beberapa contoh implementasi Inetraksi manusia dan computer:
1.
Penggunaan
Komputer
Tanpa disadari kita (manusia/user)
telah berinteraksi/berdialog dengan sebuah benda (layar monitor), yaitu dalam
bentuk menekan tombol berupa tombol angka dan huruf yang ada pada keyboard atau
melakukan satu sentuhan kecil pada mouse, kemudian hasil inputan ini akan
berubah bentuk menjadi informasi atau data yang seperti diharapkan manusia
dengan tertampilnya informasi baru tersebut pada layar monitor atau bahkan
mesin pencetak (printer).
2.
Penggunaan
Automatic Teller Machine (ATM)
Pada ATM yang biasa kita gunakan juga
merupakan sebuah Interaksi Manusia dan juga Komputer. Pada sebuah ATM kita
dapat melihat sebuah sistem antarmuka (Interface), kita dapat melihat menu-menu
yang tesedia pada layar ATM. Melakukan transfer, cek saldo, dsb.
3.
Penggunaan
Laser Pada Operasi Medis
Pada bidang kedokteran IMK juga banyak
berperan, seperti Sistem pakar, Operasi medis menggunakan bantuan laser,dsb.
Mesin yang telah di desain (coding) sedemikian rupa akan di jalankan untuk
melakukan operasi. Spesialis (dokter) melakukan penentuan koordinat pada bagian
tubuh yang akan di lakukan operasi. Maka, input atau yang di lakukan Dokter ini
akan di terima oleh Mesin, dan akan langsung segera di lakukan pembedahan.
4.
Situs Website
Situs web merupakan salah satu
aplikasi sistem komputer yang banyak digunakan oleh manusia saat ini. Selain
akses yang mudah dan jaringan yang luas, informasi-informasi sangat mudah
didapatkan melalui sistem ini. Pencapaian informasi tersebut tentunya sangat
terkait dengan desain antarmuka. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, begitu
banyak hal yang dapat mengakibatkan kegagalan pada pengguna. Sangat disayangkan
apabila informasi-informasi yang sangat mudah didapatkan melalui situs-situs
web tidak dimaksimalkan atau justru memberikan dampak buruk bagi penggunanya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar